Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Hal yang menarik di Korea Selatan

Kalau anda berada di korea dan berinteraksi dengan seorang teman (atau complete stranger) kadang dia akan memberikan komentar tentang penampilan anda, kadang memuji dengan komen seperti anda terlihat ganteng/cantik atau terlihat seperti bintang film, kadang dengan komen yang sedikit kurang mendukung seperti anda terlihat lelah, potongan rambut anda jelek, atau anda gemuk, jika mereka sedang memakai kacamata cembung.

Mereka bukan mengejek, hanya saja untuk para South Koreans, penampilan sangat penting, jadi jika anda tidak terlihat perfect, mereka mungkin merasa anda terkena masalah atau mereka khawatir dengan kesehatan anda.

Orang-Orang di Korea memang sangat serius memperhatikan penampilan mereka.

Keep calm and be pretty

Gaya berpikir ini tercermin (bukan pun) dari banyaknya cermin yang bertebaran di negara tersebut. Habis makan di restoran dan takut jika ada makanan yang masih menempel di gigi? Tenang, ada cermin di sebelah pintu keluar. Selesai berbelanja dan takut penampilan anda kusam karena terlalu banyak berjalan? Ada cermin di dinding mall yang bisa anda gunakan. Sedang menunggu kereta dan takut penampilan anda kurang maksimal untuk selfie-selfie? Ingin memastikan anda terlihat perfect sebelum masuk ke kafe? Cermin sudah siap di dekat anda.

mirror mirror on the wall, who’s the fairest of them all?

Kebiasaan ini sudah ada sejak mereka sangat muda. Siswa sekolah kerap kali merapihkan rambut mereka dengan cermin genggam, atau menata cermin di meja belajar mereka di sekolah. Para guru pun melakukan hal yang tidak jauh berbeda.

Beauty is in the eye of beholder, and your future employer

Di samping itu, operasi plastik merupakan hadiah kelulusan paling umum di Korea Selatan. Mereka bukan hanya melakukan ini untuk terlihat seperti idola K-pop atau artis/aktor K-drama. Masyarakat Korea tergolong kompetitif, dalam setiap hal, apalagi penampilan. Penampilan menarik bukan hanya berguna untuk kesenangan sendiri, tetapi juga untuk karir.

Pencari kerja di sana perlu memberikan foto di setiap resume mereka (bahkan untuk pekerjaan yang tidak mengedepankan penampilan) dan mempunyai wajah menarik tidak jarang menjadi sebuah keuntungan signifikan dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

 

Konglish (Korean-English)

korea lifestyle

Seperti kebanyakan negara di Asia, jika anda berkunjung ke Korea anda juga akan menemukan berbagai macam tulisan, baik peringatan atau merchandise dalam Bahasa Inggris yang digabungkan secara asal dan menghasilkan sebuah kalimat yang kurang masuk akal.

Bahasa unik ini sepertinya menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang, terbukti dengan produksi K-pop yang tak ulung menyelipkan lirik Bahasa Inggris yang menyimpang bahkan saat penyanyinya sebenarnya fasih berbahasa Inggris saat wawancara.

Berikut penulis akan memberikan beberapa kata-kata yang sering diucapkan oleh orang Korea beserta artinya agar anda tidak terlalu kewalahan saat berkomunikasi dengan teman Korea anda.

One Piece = dress

Selca  =  selfie. 

Eye shopping = window shopping

Home-p = homepage

Autobi = motor

Meeting = blind date

Kafe Unik

Korea mempunyai kafe-kafe yang unik, mulai dari study cafe yaitu tempat anda bisa membaca dengan tenang tanpa diganggu keributan seperti di kafe biasa, camping cafe, tempat anda bisa merasakan camping tanpa harus benar-benar pergi jauh jika anda termasuk orang yang sibuk (atau tidak suka berada terlalu dekat dengan alam), hanbok cafe, tempat anda bisa mencoba pakaian tradisional Korea, bike cafe, photography art cafe, sampai lego cafe.

 

Keep calm and let them melt your heart

Kafe yang ingin penulis angkat saat ini adalah kafe dengan tema hewan. Kafe-kafe ini adalah tempat anda bisa bersantai ditemani oleh hewan kesukaan anda, secangkir kopi, dan cemilan (untuk anda dan teman hewan anda).

Dog Cafe

Kafe tempat hang-out dengan berbagai jenis anjing di korea sangat banyak loh, dalam berbagai ukuran. Saat pertama masuk, mungkin anda harus sedikit membiasakan diri dengan suasana dan baunya, tapi setelah beberapa menit anda akan merasa sulit untuk meninggalkan teman-teman baru anda.

Cat Cafe

Jika anda tidak suka anjing dan lebih suka kucing, ada cat cafe di korea sana dengan konsep yang kurang lebih sama dengan versi anjing-nya. jadi anda tidak akan bosan di Korea selatan

Sheep Cafe

Kalau dengan berbagai alasan anda tidak suka anjing atau kucing, mungkin anda lebih tertarik dengan memeluk domba yang tidak kalah imut tapi berbulu lebih lembut. Ternyata di korea selatan ada juga loh

Racoon Cafe

Terakhir, ada juga racoon cafe di korea selatan jika anda ingin hewan yang lebih kecil.

“bang”

Anda akan melihat banyak kata “bang” terselip di berbagai tanda di kota. Ini adalah kultur Korea yang cukup menarik. Bang di sini artinya adalah ruangan, jadi “soju bang” artinya ruangan tempat minum soju (atau pub). Korea punya “bang” untuk hampir semua hal. Boardgame bang, DVD bang, playstation bang, PC bang untuk komputer, manwha bang untuk membaca komik, dan bang-bang lainnya.

Keep calm and.. oh I lost my voice

Yang paling umum dan populer adalah noraebang (ruangan karaoke), di mana anda dan teman-teman bisa bernyanyi sepuasnya sampai tenggorokan anda sakit dan harus pensiun dini dari karir singkat bernyanyi anda, atau minimal 1 jam. Noraebang biasanya tutup cukup larut (atau buka 24 jam) tapi disarankan untuk pergi siang hari jika ingin mendapatkan waktu ekstra karena biasanya si pemilik akan memberikan waktu lebih kalau tempatnya sedang sepi.

Jika tidak yakin ingin masuk yang mana, ada multi-bang yang menyediakan layanan gabungan dari bang-bang lainnya.

Toilet

Kamar kecil adalah bagian penting dari travelling, kita pasti tidak bisa menghindari menggunakannya (apalagi setelah mengunjungi cat cafe). Kamar mandi yang kotor bisa mempengaruhi pengalaman travelling kita apalagi jika anda termasuk orang yang tidak biasa menggunakan kamar mandi yang bukan milik sendiri.

Saat anda masuk ke toilet umum, duduk, dan toiletnya terasa hangat, itu bukan pindahan dari suhu tubuh pengguna sebelumnya, melainkan penghangat dari toilet tersebut. Toilet di Korsel dilengkapi dengan bermacam-macam tombol quality of life seperti semprotan air, pengering, atau memainkan musik jika anda bosan atau tidak ingin didengar dari luar. Memang tidak semua toilet dilengkapi dengan fitur seperti ini (bangunan tua kadang masing menggunakan toilet jongkok) tapi jumlahnya cukup banyak sehingga kemungkinan besar toilet yang anda gunakan termasuk yang canggih, bukan yang antik.

Jika anda bepergian dengan kereta, toilet umum di stasiun kereta sangat bersin (dan gratis, tidak perlu bayar tiket masuk seperti toilet umum di Indonesia).

Hari anda tidak perlu rusak saat kehabisan pecahan uang 1000an saat keadaan darurat

Language tip = hwajangshille-audisum-neeka? (toilet di mana?)

Hiking

kalau anda suka hiking dan sudah mendaki semua gunung di Indonesia, anda akan betah di Korea. korea mempunyai banyak pegunungan, bahkan kota-kota besar biasanya memiliki gunung yang bisa terlihat dari jalan. Hal ini mendukung hiking untuk menjadi salah satu rekreasi nasional mereka.

Dalam 1 bulan saja, 1 dari 3 orang di Korea bisa pergi hiking lebih dari sekali.

Orang Korea sangat ramah saat mendaki gunung (bukan berarti mereka tidak ramah di tempat lain), mereka akan menebar senyum dan menyapa anda, bahkan share makanan dan minuman. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika anda datang memakai sneaker dan celana pendek, anda akan disarankan untuk mengganti pakaian multi-layer dan pakaian mendaki yang lebih berkualitas (dan biasanya bisa langsung anda beli di dekat situs mendaki pilihan anda) apalagi jika anda masuk salah satu grup hiking mereka, pasalnya orang Korea cukup serius dengan hobi mereka yang satu ini.

Safety

Korea Selatan adalah salah satu negara teraman di dunia. Handphone tertinggal di taxi? Tidak masalah, biasanya supir taxi akan mengembalikannya kepada anda. Dompet tertinggal biasanya akan dititipkan ke polisi dengan isi tetap utuh.

Kalaupun anda berjalan di malam hari dan melihat orang-orang mabuk, biasanya mereka tidak akan mengubris anda (kecuali mungkin jika wajah anda terlihat lelah).

Language tip : naneun nae jigab-eul ilh-eo beolyeossda (saya kehilangan dompet)

Semoga info tentang lifestyle di korea selatan bermanfaat ya

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand