Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Mengenal Implan, Benda yang Digunakan untuk Operasi Plastik

Apa yang terdapat pada benak anda jika mendengar kata implan? Pasti sebagian dari anda menjawab, bahwa implan merupakan benda yang berkaitan dengan operasi plastik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) implan adalah bahan atau materi yang secara buatan ditempelkan pada suatu makhluk. Hal tersebut juga dapat diartikan bahwa implan adalah suatu benda yang dapat ‘dimasukkan’ ke dalam tubuh manusia. Dalam hal ini tentu saja berkaitan dengan operasi bedah plastik.

Untuk bedah plastik, penggunaan implan terbagi menjadi dua, yakni implan silikon dan kolagen. Penggunaan keduanya untuk operasi plastik sangat terbatas. Silikon cair sudah lama ditinggalkan penggunanya sejak tahun 1970an karena banyak menimbulkan masalah dan efek samping yang kurang baik.

 

implan payudara

 

Implan silikon sampai saat ini masih banyak digunakan terutama berbentuk silikon padat dan bentuk gel, karena faktor keamanannya. Sedangkan penggunaan kolagen banyak dihindari karena hipersensitifitas dan hasil yang kurang sebanding.

Tahukah anda bahwa terdapat beberapa istilah yang berhubungan dengan silikon, antara lain silicon, silica dan silicones. Silicon merupakan suatu elemen pembentuk lapisan kerak bumi yang tentunya terdapat di alam bebas. Sedangkan Silica adalah bentuk 3 dimensi dari silicon-dioxyd berbentuk butiran pasir, tahan panas dan bersifat hidroskopik.

Lain halnya dengan silicones, silicones tidak terdapat di alam, melainkan dihasilkan karena karya manusia (pembuatan di pabrik), merupakan suatu polimer dimethyl siloxanes yang memiliki ikatan stabil, sehingga tahan terhadap suhu tinggi. Silicones ini yang selanjutnya disebut sebagai silikon untuk pengertian implan yang digunakan di bidang bedah plastik.

Bentuk silikon bermacam-macam, ada yang berbentuk cair, gel dan padat. Namun pada silikon padat terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu silikon padat terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu silikon keras, menengah dan lunak. Penggunaanya pun tak hanya medis dan kecantikan, namun silikon juga kerap kali digunakan pada bidang industri seperti pelapis dalam mesin dan pelumas, peralatan rumah tangga sampai pembuatan dot bayi.

Berdasarkan kemurniannya, terdapat dua jenis silikon cair yang kerap digunakan untuk medical grades (tujuan medis) antara lain yang dapat disuntikkan ke dalam tubuh (injectable) atau yang tidak dapat disuntikkan ke dalam tubuh (non injectable). Silikon non injectable digunakan untuk pelapis jarum suntik, pelapis botol infus, selang dren, kateter dan sebagainya. Sedangkan bagi silikon injectable populer digunakan sebagai implan atau tujuan estetik.

Selanjutnya terdapat silikon gel yang merupakan campuran antara silikon padat dengan bentuk cair, digunakan sebagaiĀ  bahan pengisi implan payudara. Silikon gel digunakan dengan cara membungkus menggunakan lembar silikon (silicon sheet) berbentuk suatu kantong (silicones bag).

Sedangkan silikon padat terdiri dari lembar silikon untuk pembungkus implan payudara, bentuk blok atau bentuk implan jadi (buatan pabrik) untuk kegunaan medis tertentu, misalnya protesis katup jantung, testis tiruan, implan hidung, pipi dan sebagainya. Konsistensinya pun beragam, ada yang padat, lunak sebagai karet dan terdapat juga kombinasi keduanya (medium).

Selain silikon, terdapat benda lain yang bisa digunakan untuk melakukan operasi plastik. Benda lain tersebut adalah kolagen. Kolagen adalah suatu bentuk produk protein yang merupakan serat jaringan ikat antar sel yang memberi ketegangan/elastisitas pada jaringan atau organ. Berkurangnya komposisi kolagen pada kondisi tertentu (misal pada proses penuaan, parut akibat luka) menyebabkan perubahan kontur jaringan (kerutan, cekungan dan sebagainya). Dalam kondisi demikian penggunaan implan kolagen menjadi pertimbangan.

Implan kolagen yang digunakan berasal dari jaringan kulit sapi (bovine collagen, zyderm); yang disuntikkan ke lapisan dermis (kulit). Implan yang disuntikkan tersebut kemudian akan merangsang pembentukan serabut kolagen baru oleh jaringan sekitarnya yang mana akan ‘mengembalikan’ elastisitas kulit.

Penggunaan implan kolagen akan memberikan hasil baik pada kerutan-kerutan halus di wajah akibat proses penuaan. Kerutan yang lebih dalam diupayakan dengan preparat yang konsentrasinya lebih kuat.

Implan ini akan habis dan memerlukan tindakan pengulangan dalam waktu tiga bulan. Berdasarkan sifat dan cara kerjanya, penggunaan implan kolagen adalah sebagai sarana rejuvenasi kulit (mengatasi kerutan kulit akibat proses penuaan), bukan untuk tujuan augmentasi (bedah plastik dengan tujuan merubah bentuk organ tubuh seperti mempertinggi organ tertentu seperti memancungkan hidung dan lain-lain)

Melakukan implan silikon dan kolagen tentu memiliki efek samping tertentu. Dampak yang ditimbulkan dari implan silikon salah satunya timbulnya silikonoma atau kerusakan jaringan akibat dari menumpuknya partikel-partikel silikon cair pada jaringan di tempat yang disuntikkan. Dan keadaan tersebut menimbulkan reaksi inflamasi kronik.

Medictel Indonesia

Sedangkan dampak yang akan diterima pasien pasca melakukan implan kolagen adalah adanya reaksi hipersensitifitas, baik tipe cepat atau lambat dari yang ringan sampai ke tingkat yang paling berat. Oleh karena itu, sebelum penggunaan kolagen sebaiknya dilakukan tes kulit yang terdiri dari beberapa tahap. Tes pertama diberi suntikan beberapa ml dan diawasi selama 48 jam. Tes kulit kedua dilakukan dua minggu kemudian, dengan cara yang sama. Pengamatan lanjut dilakukan dua minggu pasca tes kulit kedua.

Namun anda tak perlu khawatir, resiko tersebut dapat diatasi dengan melakukan konsultasi pribadi terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan sebelum anda memutuskan untuk menjalani suatu tindakan operasi yang berkaitan dengan silikon dan kolagen sebagai bahan implan. Agar anda dapat meminimalisir resiko-resiko yang kelak akan terjadi.

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

1 comment so far

Mammaplasti Augmentasi atau operasi pembesaran payudara | Leader in Korea Medical TourismPosted on 10:18 am - Oct 12, 2018

[…] Baca juga : Mengenal implan […]

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand