Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

5 Tips tidur sehat dan nyenyak yang patut Anda lakukan

Tidur merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia dan memegang peranan penting dalam kesehatan. Tidur tidak hanya berdampak pada perkembangan fisik maupun emosional, namun juga  sangat erat hubungannya dengan fungsi pemulihan tubuh.

Kondisi istirahat dan tidur ini memberikan fungsi homeostatik (keseimbangan dinamis) bagi tubuh yang bersifat menyegarkan dan sangat penting untuk proses penyimpanan energi. Pola aktifitas tidur tidak dilakukan dengan baik akan berdampak pada pola hidup yang kurang sehat dan bahkan penyakit.

info medictel

Berikut beberapa tips kesehatan yang dapat Anda coba lakukan agar Anda memiliki pola tidur yang baik dan sehat:

1. Tempat tidur hanya untuk tidur.

Anda bisa menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur agar otak terbiasa dan lebih cepat mengantuk, setelah itu tertidur pulas. Cobalah berhenti menggunakan berbagai macam gadget seperti laptop atau smartphone, ataupun makan di tempat tidur.

Sebuah survey di Inggris menyatakan, dari 2000 responden pria dewasa di Inggris, 50% dari mereka mengaku hanya bisa tertidur tengah malam.

Kebiasaan ini terjadi sejak mereka aktif menggunakan laptop padahal 10 tahun sebelumnya mereka selalu tidur jam 10 malam

Radiasi dari handphone juga diduga bisa menyebabkan efek negatif pada otak. Dugaan ini diambil dari IARC atau Badan Internasional untuk Penelitian Kanker yang berada di bawah WHO setelah melakukan beberapa riset selama satu minggu penuh.

2. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Tentukan ritme waktu tidur Anda dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah beberapa waktu mengikuti pola tersebut, tubuh akan memiliki semacam ‘waktu natural’ dan sangat membantu dalam mengelola tidur.

Menjadwalkan tidur Anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Hindari hari ini anda tidur pukul 9 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 10 malam. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh Anda berjalan baik.

Begitu Anda mengetahui jam tidur Anda setiap malam, pastikan Anda mempersiapkan waktu luang untuk segala sesuatu yang biasa Anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar saat jam tidur Anda tiba, Anda sudah siap di tempat tidur.

 

3. Sempatkan berolahraga setiap hari.

info medictel

Tubuh yang selalu aktif secara fisik -selain baik untuk kesehatan secara umum- sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Akan tetapi, jangan berolahraga mendekati jam tidur karena malah dapat menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan ‘bersemangat’ atau belum rileks.

Berolahraga di sore hari akan menaikkan temperatur tubuh beberapa jam sebelum tidur. Ketika tubuh bersiap-siap tidur, temperatur tubuh pun mulai menurun.

Proses penurunan temperatur tubuh inilah yang membuat Anda mengantuk sehingga lebih mudah tidur di malam hari.

Anda bisa juga berjalan-jalan di kamar untuk beberapa menit sebagai terapi telapak kaki. Hal ini karena jari-jari dan telapak kaki sebenarnya secara langsung berhubungan dengan organ otak, sehingga dengan berjalan-jalan selama 5 menit sebelum tidur bermanfaat untuk mendorong syaraf otak menjadi nyaman dan rikes sehingga lebih mudah untuk diajak tidur.

4. Cobalah buat suasana kamar tidur senyaman mungkin.

info medictel

Coba jaga suhu kamar sejuk antara 19-21 derajat, gelap, dan tenang. Atau, untuk Anda yang tidak dapat tertidur dalam kondisi gelap, Anda juga bisa menggunakan lampu remang-remang atau menggunakan penutup lampu agar cahayanya tidak terlalu terang.

Suasana nyaman ini akan membuat tidur Anda terasa lebih nyenyak. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di ncbi.nlm.nih.gov, mengenai  perangkat elektronik bercahaya seperti monitor laptop dan handphone yang memancarkan radiasi optik dapat menurunkan hormon melatonin.

Hormon melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang mengatur tidur dan bangunnya seseorang.

Hormon melatonin merupakan hormon yang berperan paling penting dalam regulasi fungsi biologis tubuh. Beberapa penyakit bisa berubah status non-aktif jika hormon melatonin tubuuh terproduksi, makanya akan sangat berbahaya jika kita kekurangan hormon ini.

Hormon ini dikenal sebagai hormon yang paling sensitif terhadap rangsangan cahaya. Itulah alasannya mengapa hormon ini hanya bisa diproduksi pada malam hari. Pada jam tersebut, seseorang yang tidur dalam keadaan gelap, tanpa cahaya sedikitpun serta tidur dalam keadaan nyenyak, maka orang tersebut berada dalam keadaan non-aktif yang paling sempurna. Saat itulah kelenjar pineal mampu memproduksi hormon melatonin. Ini merupakan proses produksi paling maksimal. Namun bisa tiba-tiba berhenti, jika ada sedikit cahaya yang masuk merusak produksinya.

Selain itu, coba rapikan dahulu tempat tidur dengan mengibaskan sprei, selimut, dan bantal. Selain membuat ranjang Anda bersih dan nyaman, hitung-hitung juga merupakan sedikit olahraga.

 

5. Ciptakan ritual tidur Anda sendiri.

Jika anda sering menonton film Barat, biasanya anak kecil memiliki ritual tidur seperti dibacakan dongeng. Anda bisa mencoba hal ini (melakukan ritual tidur, bukan dibacakan dongeng) seperti misalnya membaca atau mandi air hangat.

Lakukan hal-hal tersebut sekitar 15-30 menit sebelum waktu tidur Anda. Jika telah terbiasa dan menjadi ritual, hal tersebut akan membantu Anda tertidur. Disarankan juga untuk menghentikan semua kegiatan berat atau yang menguras pikiran setengah jam sebelum tidur dan fokuslah untuk istirahat.

Kebiasaan lain yang bisa Anda lakukan adalah gerakan terapi. Ketika baru berbaring di tempat tidur, coba bernapas selama empat detik, lalu tahan napas selama tujuh detik, lalu hembuskan dengan perlahan, kemudian ulangi gerakan ini hingga 3  kali atau lebih.

Dilansir dari sebuah penelitian dari The Sydney Morning Herald menyatakan gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi stres saat tidur dan membuat tidur Anda menjadi lebih rileks.

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand