Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Memperingati Hari Diabetes Dunia: Diabetes Juga Bisa Menyerang Kaum Remaja, Mari Cari Tahu Penyebab dan Cara Pencegahannya!

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa seseorang. Bahkan muncul istilah diabetes sebagai “Ibu dari segala penyakit”, karena penyakit diabetes dapat mempengaruhi banyak organ dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi. Beberapa organ yang bisa terkena dampaknya adalah jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf. Lalu sebenarnya apa penyakit diabetes? Mari simak ulasannya berikut ini.

Medictel Indonesia

Diabetes melitus atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit kronis. Kondisi ini ditandai dengan gangguan pengaturan gula darah dalam tubuh akibat berbagai hal seperti kurangnya produksi insulin oleh pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin, dan adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin.

Baca juga : Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2018, ayo hidup sehat dari kita

Kita biasa mendengar bahwa penyakit diabetes diidap oleh orang dengan usia lanjut, namun belakangan ini remaja atau anak muda juga dapat terserang. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa diabetes pada usia remaja justru lebih berbahaya.

Apa itu diabetes mellitus

Di kenal di Indonesia adalah penyakit kencing manis

Medictel Indonesia

Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2018 menjadi momentum mengingatkan kita bahwa penyakit diabetes bisa menimpa siapa saja tak peduli usia dan kelompok sosial.

Sebuah penelitian oleh Treatment Options for Type 2 Diabetes in Adolescents and Youth (TODAY), mengatakan bahwa penyakit diabetes lebih berkembang cepat pada remaja dibandingkan dengan orang dewasa atau lanjut usia. Diabates tipe 2 pada remaja, umumnya dengan cepat memunculkan komplikasi penyakit seperti jantung dan ginjal.

Temuan yang diterbitkan pada jurnal edisi khusus diabetes care ini, pada dasarnya menunjukkan efek buruk yang biasa terjadi pada remaja pengidap diabetes, meskipun para remaja ini sudah mendapatkan perawatan optimal  dan pantauan yang ketat dari pada tim ahli diabetes.

Studi yang diterapkan pada 2004 ini juga melibatkan anak muda dengan diabetes tipe 2 sembari menguji keampuhan bermacam obat diabetes yang digunakan. Ditemukan bahwa pada peserta penderita diabates yang berumur 10 sampai 17 tahun, obat metformin tidak ampuh menurunkan kadar gula mereka.

Medictel Indonesia

Perlu diketahui kalau metformin adalah obat yang biasanya digunakan sebagai penanganan utama diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Namun sayang, metformin tidak ampuh menurunkan kadar gula darah mereka.

Perlu diketahui kalau metformin adalah obat yang biasanya digunakan sebegai penanganan utama diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Namun sayang, metformin tidak menghasilkan pengaruh baik pada remaja yang mengalami diabetes.

Setengah dari remaja yang memakai obat metformin tidak dapat membuat gula darah mereka stabil pada kisaran target normal, dan akhirnya harus mulai mengonsumsi obat insulin. Hal inilah yang menjadi peringatan penting bahwa diabetes yang dialami di usia muda lebih berbahaya serta sulit untuk ditangani.

Diabetes pada remaja terjadi kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup dan masalah kesehatan. Faktor seperti genetik bisa meningkatkan resiko remaja mengidap diabetes, tetapi banyak gaya hidup tidak sehat yang menjadi masalah utama penyebab anak muda akhirnya memiliki diabetes.

Faktor yang meningkatkan resiko diabetes tipe 2 remaja antara lain, kelebihan berat badan atau obesitas, menjalani gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan suka mengonsumsi minuman beralkohol, gemar mengonsumsi asupan manis dan makanan siap saji, memiliki anggota keluarga dengan riwayat diabetes, memiliki kolestrol tinggi, serta didiagnosis pradiabetes.

Medictel Indonesia

Memiliki diagnosis pradiabetes tidak berarti Anda sudah mengidap diabetes tipe 2. Ini artinya gula darah Anda sudah tergolong tinggi dan diatas batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Jika dibiarkan terus, Anda bisa terkena penyakit diabetes tipe 2.

Sayang sekali di saat-saat atau  masa tubuh sedang produktif, remaja malah harus mengidap penyakit serius serta mengonsumsi obat-obatan dan membatasi aktivitasnya demi mengontrol gula darah agar tidak berlebih. Oleh karena itu penting untuk mengambil tindakan pencegahan diabetes pada remaja dengan beberapa cara, yaitu;

1. Mempertahankan  Berat Badan Ideal

Obesitas merupakan salah satu faktor utama remaja bersiko diabetes type 2. Jika Anda merasa berat badan Anda berlebih, Anda bisa mengurangi sekitar 5-10%  berat Anda untuk megurangi resiko. Diet kalori dan rendah lemak sangat diancurkan sebagai cara terbaik untuk menurunkan ke tujuan berat badan ideal dan mencegah diabetes.

2. Makan Buah dan Sayur

Medictel Indonesia

Dengan makan berbagai buah dan sayur setiap hari, Anda dapat mengurangi resiko diabetes sampai 22%. Fakta ini diambil menurut hasil dari sebuah penelitian tentang diet selama 12 tahun dari 21.831 orang dewasa. Penurunan resiko secara langsung berhubungan dengan berapa banyak buah dan sayur yang anda konsmumsi.

3. Ganti Gula dengan Pemanis yang Rendah Kalori

Sebuah data kesehatan yang meneliti dari 49. 390 wanita yang menunjukkan bahwa perempuan yang minum 2 gelas atau lebih minuman manis sehari (misal soda atau jus buah) memiliki resiko 25-30% lebih tinggi terkena diabetes dibandingan orang lain yang tidak. Bila perlu, Anda bisa menggunakan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh , sehingga membantu dalam mengontrol gula darah.

4. Aktif Berolahraga

Medictel Indonesia

Untuk mencegah diabetes pada remaja, usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Ini bertujuan untuk memaksimalkan pencapaian target penurunan berat badan dan untuk mengurangi resiko Anda terkena diabetes. Selain itu, berolahraga juga bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin dalam tubuh.

Ayo sebelum terlambat, ajak keluargamu untuk hidup sehat. Karena kesehatan merupakan hal terpenting yang harus dijaga dalam kehidupan kita. Terlebih lagi saat ini penyakit bisa datang pada siapapun tanpa memandang usia. Ubah kebiasaan hidupmu dengan melakukan pola makan yang sehat serta rutin berolahraga.

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

6 comments so far

AmberPosted on 3:59 am - Nov 20, 2018

It is perfect time to make some plans for the long run and it’s time to be
happy. I have learn this submit and if I may just I wish to recommend you some fascinating issues or tips.
Maybe you can write next articles regarding this
article. I desire to read more issues approximately it!
It is the best time to make some plans for the future and it is time to be happy.

I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or advice.
Maybe you can write next articles referring to this article.
I desire to read more things about it! I am sure this piece of writing
has touched all the internet visitors, its
really really good piece of writing on building up
new website. http://foxnews.co.uk

ChristiePosted on 3:16 pm - Nov 21, 2018

Greetings from Ohio! I’m bored to death at work so I decided to browse your site on my
iphone during lunch break. I really like the information you provide
here and can’t wait to take a look when I get home. I’m
surprised at how fast your blog loaded on my phone
.. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, superb site!
I am sure this post has touched all the internet people, its
really really nice post on building up new blog.
I couldn’t resist commenting. Perfectly written!

Synergex 7 ReviewPosted on 1:19 pm - Nov 28, 2018

Heya i am for the first time here. I came across this board and
I find It truly helpful & it helped me out a
lot. I hope to give something again and help others
such as you helped me.

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand