Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

7 Perbedaan Makeup Look Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Bagus Ya?

Medictel Indonesia

Melakukan riasan wajah merupakan kesenangan tersendiri bagi perempuan. Sebagian dari perempuan bahkan menganggap bermakeup dapat memperbaiki mood mereka yang sedang jelek atau membangun kembali rasa semangat yang sudah luntur karena kejenuhan rutinitas. Karena dengan bermakeup mereka dapat mengeksplore segala bentuk teknik dan warna makeup dalam satu ‘kanvas’ yaitu wajah. Namun setiap indvidu tentu memiliki signature dan selera sendiri dalam melakukan makeup.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa korean style makeup populer dengan look makeup yang natural. Dengan complexion yang dewy, memberi kesan seolah-olah kulit wajah tampak sehat dan bersinar. Namun meski disukai di Indonesia, masih banyak lho wanita Indonesia yang konsisten dengan selera makeup ala Indonesia. Seperti apa sih signature Indonesia makeup look? Lalu jika dibandingkan dengan Korean makeup, lebih bagus mana ya? Yuk kita simak ulasannya!

1. Foundation

Kita akan mulai dari hal basic dalam bermakeup yakni foundation. Karena wanita Korea cenderung menyukai teknik makeup natural, maka mereka akan menggunakan foundation atau alas bedak yang cenderung lebih ringan dan tidak memiliki tingkat covered yang tinggi seperti bb cream atau bb cushion. Teksturnya pun cenderung sangat cair. Shade warna pun tidak mengalami banyak peningkatan daripada shade warna asli kulit wajah.

Medictel Indonesia

Sedangkan untuk makeup look ala Indonesia, sebagian masyarakatnya menyukai foundation  dengan tekstur kental yang tentu cenderung tebal serta memiliki tingkat covered yang tinggi. Bahkan terkadang shade yang mereka pilih cenderung lebih cerah daripada kulit wajah asli. Hal tersebut tidaklah buruk, apabila bisa diimbangi dengan tone dasar warna asli kulit wajah. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi perubahan warna yang buruk pada wajah seperti wajah berubah menjadi abu-abu.

Medictel Indonesia

2. Alis

Medictel Indonesia

Selanjutnya kita akan membahas alis, alis merupakan salah satu bagian makeup yang sangat penting. Diperlukan latihan yang lebih untuk dapat membentuk alis secara sempurna. Apabila kita tidak tepat dalam merias alis, hasil akhir riasan pun tampak kurang maksimal. Jika biasanya wanita Korea menyukai bentuk alis datar dan disertai warna yang muda, berbeda dengan di Indonesia. Sebagian wanita Indonesia menyukai bentuk alis on fleek dan cenderung berwarna gelap. Meski saat ini tren alis perlahan sudah bergeser menjadi cenderung natural, namun tak semua wanita mengikuti pergeseran tersebut. Sebagian masih menyukai bentuk alis yang memberi kesan tegas dan sensual.

3. Blush On

Medictel Indonesia

Pengaplikasikan blush on pada wanita Korea biasanya diletakan tepat di bawah mata. Tujuan wanita Korea mengaplikasikan blush on di area wajah tersebut adalah agar memunculkan kesan cute dan fresh. Sedangkan untuk wanita Indonesia blush on cukup disapukan di bagian tulang pipi atau bagian pipi menonjol (apple of cheek). Meski sebagian wanita Indonesia terutama kalangan usia muda menyukai teknik pengaplikasikan blush on ala Korea, namun mereka tidak meletakannya persis di bawah mata. Untuk membuat kesan segar dan ranum, para wanita Indonesia cukup membaurkannya hingga bagian dalam wajah.

Medictel Indonesia

Selain itu untuk mendapatkan kesan yang lebih natural, wanita Korea cenderung menyukai blush on dengan bentuk liquid atau cream dibanding bentuk powder. Bentuk powder cenderung memiliki hasil yang ‘kuat’. Sedangkan bentuk liquid atau cream lebih mudah untuk dibaurkan dan menghasilkan final look yang soft.

4. Contouring dan Highlight

 

Contouring merupakan teknik makeup yang bertujuan membentuk wajah agar tidak terlihat flat agar riasan tampak lebih kuat dan tegas. Selain itu contouring juga bertujuan menyembunyikan bagian wajah seseorang yang menjadi kekurangannya. Wanita Korea cenderung tidak menyukai aplikasi contouring yang berlebihan. Berbeda dengan wanita Indonesia yang cenderung ingin terlihat tirus dengan teknik contouring. Bahkan untuk mendapatkan hasil makeup yang bold, diperlukan dua tahap contouring yakni contour dalam (menggunakan cream) dan luar (menggunakan powder).

Medictel Indonesia

Berbeda dengan highlight, wanita Korea sangat gemar menyapukan wajah nya dengan aplikasi highlight. Highlight merupakan teknik makeup yang bertujuan menonjolkan tulang-tulang pada bagian wajah agar riasan tampak lebih hidup dan bercahaya. Seperti yang sudah diketahui riasan ala Korea cenderung mengarah pada dewy look yang mengutamakan kesan wajah sehat dan ‘basah’ yang tentunya dapat dihasilkan dari pengaplikasian highlight pada wajah.

Medictel Indonesia

5. Eyeshadow

Pemberian warna riasan pada kelopak mata memang menjadi salah satu aspek penting dalam bermakeup. Jika makeup Anda ingin terlihat lebih hidup, salah satu kunci pentingnya adalah pemilihan dan penggunaan eyeshadow yang tepat. Wanita Korea memilih sederhana dalam pengaplikasian eyeshadow. Mereka hanya menggunakan 1 warna di seluruh kelopak. Pengaplikasiannya cukup hanya membaurkan dari bagian luar ke dalam.

Medictel Indonesia

Sedangkan untuk wanita Indonesia, kurang pas nampaknya jika hanya menggunakan 1 warna. Paling tidak wanita Indonesia membutuhkan 3 warna dalam sekali tampilan. 1 warna gelap untuk outter corner (sebagai sudut mata), 1 warna segar untuk di tengah kelopak, dan 1 warna terang untuk inner corner. Belum lagi jika kepentingannya untuk makeup yang lebih formal. Diperlukan eyeshadow shimmer dan glitter di tengah kelopak dan juga perlunya aplikasi warna nude pada bagian crease, agar makeup mata tidak terlalu tampak gelap pada sekali pengaplikasian.

Medictel Indonsia

6. Bulumata

Medictel Indonesia

Pemasangan bulumata palsu sangatlah penting untuk sebagian orang. Sebagian menganggap pemasangan bulumata palsu sangat berpengaruh pada riasan mata. Terlebih bagi mereka yang memiliki bentuk mata yang kecil dan pipih, bulumata memegang peran penting dalam kunci kecantikan mereka. Terlebih lagi untuk wanita Indonesia yang bisa saja memasang 3 sampai 4 lapis bulumata dalam sekali pemakaian! Wow!

Medictel Indonesia

Namun untuk wanita Korea, untuk mendapatkan hasil bulumata yang indah, mereka cukup mengaplikasikan mascara pada area bulumata mereka. Penggunaan mascara pada bulumata memang sangat ringan, namun harus diperhatikan pembersihannya. Jangan sampai lupa untuk membersihkannya. Karena beberapa mascara menyebabkan bulumata menjadi rontok. Bagi Anda yang rutin menggunakan mascara, Anda sebaiknya juga rutin mengaplikasikan serum pada bulumata Anda untuk memberi nutrisi pada bulumata Anda agar kuat dan tidak mudah rontok.

7. Lipstik

Kini pengaplikasian kosmetik bibir sangatlah variatif. Terdapat banyak tekstur dan bentuk yang dapat digunakan. Bagi wanita Korea, mereka cukup menggunakan liptint atau lipstik yang mengandung moisturizer dalam bermakeup. Atau bahkan hanya menggunakan lipbalm untuk melembabkan bibir.

Medictel Indonesia

Sedangkan wanita Indonesia menggemari beragam variasi aplikasi lipstik. Terlebih yang bertekstur matte. Lipstik dengan tekstur matte memiliki ketahanan yang kuat. Bahkan beberapa lipmatte masih kuat bertahan meski si pemakai sudah makan beragam makanan.

Medictel Indonesia

Pengaplikasiannya pun berbeda, wanita Indonesia cenderung gemar untuk mengaplikasikan di seluruh bagian bibir. Bahkan untuk pemilik bibir tipis, mereka tak sungkan untuk memberi efek ‘over drawn‘ pada bibir mereka. Hal ini dilakukan agar bibir tampak lebih tebal dan penuh sehingga menimbulkan efek seksi dan sensual.

Bagi wanita Korea, mereka cukup mengaplikasikannya dengan natural. Riasan bibir bagi wanita Korea bersifat membantu hasil riasan agar tampak segar. Efek ombre lips pun dilakukan untuk memunculkan kesan imut dan menggemaskan.

 

Makeup Indonesia dan Korea tentu memiliki pasarnya tersendiri. Setiap makeup style tentu memiliki signature nya masing-masing. Karena dalam bermakeup tidak ada yang baik maupun buruk, semua hanya masalah selera. Masalah cocok ataupun tidak cocok. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan gaya makeup yang Anda sukai 🙂

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand