Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

 

Sudah menjadi rahasia umum apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan insomnia dan rasa cemas yang berlebihan. Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, coba lihat juga jadi segi manfaatnya. Ternyata, penelitian menemukan bahwa ada manfaat kopi yang bisa memerangi penyakit berbahaya.

Kopi memiliki antioksidan yang baik daripada sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif lebih banyak dari efek negatifnya. Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman wajib masyarakat Indonesia khususnya di pagi hari ini ternyata punya berbagai macam khasiat lho. Berikut 5 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang jarang Anda ketahui:

 

1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Pada tahun 2009, para peneliti Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ‘Archives of Internal Medicine‘.

Khasiat kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang berkelainan genetik.

 

2. Manfaat kopi untuk melawan kanker

Dahulu kala, kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, manfaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA.

Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, di antaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

 

3. Menurunkan risiko Demensia (pikun)

Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para riset dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, 65% lebih rendah terkena risiko demensia (pikun) daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.

Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

 

4. Melindungi tubuh dari penyakit Parkinson

Penyakit parkinson disebabkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan, dan kekakuan otot.

Untuk itu, manfaat kopi membantu menurunkan risiko penyakit parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25% lebih rendah terkena Parkinson.

Awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari parkinson. Namun, sebuah penelitian menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.

 

5. Mencegah depresi

khasiat kopi dapat menurunkan risiko terkena depresi menurut beberapa peneliti. Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15% lebih rendah.

Itulah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Jadi, bagi Anda para pecinta kopi tidak perlu khawatir lagi setelah meminum kopi, asal tidak berlebihan juga ya! Selamat menikmati nikmatnya secangkir kopi 🙂

(sumber: https://doktersehat.com/)

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

2 comments so far

everything roulettePosted on 5:22 pm - Dec 6, 2018

You have a need to workout at the least 5-6
days per year. In your meal plans, you are going to require to divide up your
calories and i have six meals per entire day. So let’s
look at the steps to this activity.

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand