Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

13 Makanan Khas Wajib Kamu Coba di Kota Seoul

 

Seoul merupakan salah satu surganya makanan enak dan murah (kalau untuk harga perbandingan nya dengan Jepang ya). Apalagi kalau kalian penggemar Korean Drama ataupun K-Pop pasti lah tidak asing dengan beberapa makanan seperti: Tteokbokki, Samgye-Tang, dll. Walaupun tidak semua bisa kami ulas, namun 13 daftar makanan ini pasti cukup untuk menuntaskan rasa penasaran dan mungkin termasuk makanan yang kalian juga ingin coba saat main-main ke kota Seoul, berikut daftarnya.

 

1. Tteokbokki

Tips, jika mau cari Tteokbokki yang murah, cobalah di daerah Hongdae karena ahjumma/ahjussi yang jual disana biasanya memberi harga mulai dari 1500 won. Sedangkan jika ingin yang enak banget (rekomendasi orang Seoul) di daerah Dongdaemun, ada satu area yang terkenal dengan nama Tteokbokki Street, harga nya sekitar 3000 won. Hayo siapa yang belum pernah makan Tteokbokki? Enak lho.

 

2. Eomuk

Gak lengkap kalau makan tteokbokki tanpa kuliner yang satu ini. Namanya Eomuk atau Fish Cake, bisa kalian temui di tempat yang sama dengan Tteokbokki, karena biasanya ahjumma/ahjussi yang menjual Tteokbokki biasanya menyediakan makanan ini juga, bersama makanan gorengan lainnya. Harga berkisar dari 1000 – 3000 won per cup.

Tips, selain Eomuk nya yang enak, kuah nya juga enak loh untuk di minum. Jadi ketika kalian habis makan Tteokbokki atau Eomuk, biasanya ahjumma/ahjussi akan memberikan kuah dari Eomuk ini untuk di minum sebagai pengganti air mineral. Hangat dan enak untuk di minum apalagi kalau malam.

 

3. Gyeran Bbang

Disebut juga Korean Egg Bread. Kalau di lihat sekilas mirip Kue Balok nya Bandung ditambah Telur Ayam di tengah kuenya. Hampir sama dengan Tteokbokki dan Eomuk, makanan ini berupa Street Food dan bisa kalian temui di banyak tempat. Harga beriksar dari 1000 – 3000 won per buah.

Tips, untuk Gyeran Bbang yang paling murah dapat ditemui di area Garden of the Morning Calm dekat dengan Nami Island, harganya sekitar 1000 won.

 

4. Grilled Mozzarella Cheese

Seperti namanya ini adalah Street Food berupa Keju Mozarella yang di panggang. Keju nya kok gak meleleh ya, malah jadi lebih “Tegang” ketika di bakar/panggang. Rasanya selayaknya Keju Mozarella dengan ada rasa hangus sedikit, cukup enak kok. Harga berkisar 1000 – 3000 won.

Tips, banyak di temui di Hongdae dan Myeongdong.

 

5. Korean Grilled Octopus

Gurita panggang ini mungkin sudah sering di temui ya, di Jepang juga cukup banyak. Namun bedanya yang versi Korea adalah lebih besar dan murah pasti nya. Harga berkisar 1000 – 3000 won.

Tips, banyak di temui di Hongdae dan Myeongdong.

 

6. Strawberry Mochi

Selain Jepang, Korea Selatan juga punya kue mochi kenyal-kenyal manis khas mereka. Strawberry mochi merupakan kue mochi yang berbentuk lucu, yang di dalamnya ada buah strawberry besar di lapis coklat. Layak dicoba loh, banyak orang yang suka banget sama makanan satu ini. Harganya berkisar 1000 – 3000 won.

Tips, banyak di temui di Hongdae dan Myeongdong.

 

7. Pajeon

Nah kuliner yang ini satu ini merupakan makanan yang wajib dicoba juga nih. Pajeon itu sekilas tampilannya mirip Frittata atau Fuyunghai namun di dalam nya terdapat isian seafood seperti Udang dan Cumi. Harga berkisar 6000 – 8000 won.

Tips, Pajeon yang paling terkenal itu ada di Pajeon Alley, Hoegi. Di sini banyak sekali restoran Pajeon karena termasuk area tongkrongan gaul.

 

8. Korean Cheesy Corn

Yang ini juga biasanya di sediakan di Restoran Pajeon dan mungkin banyak restoran di Seoul lainnya. Terbuat dari potongan jagung yang di campur dengan Keju Mozarella, manis gurih pokoknya. Harga berkisar di 3000 – 5000 won.

Tips, memang banyak restoran di Seoul menyajikan ini, tapi memang paling seru makan rame-rame di Pajeon Alley, Hoegi.

 

9. Bulgogi

Masuk ke makanan berat yang cukup terkenal yaitu Bulgogi, adalah salah satu hidangan daging khas Korea yang populer, terbuat dari irisan tipis daging premium seperti sirloin atau rib eye. Biasanya disajikan di Hot Plate. Harga berkisar 10000 – 20000 won.

Tips, untuk restoran Bulgogi di Seoul yang cukup otentik, salah satunya berada di Insadong dan masuk ke area jalan kecil lalu temukan lah satu restoran Korea, yang dari penampakan restorannya pun cukup otentik.

 

10. Myeolchi Bap

Mungkin kalian pernah dengar kuliner Bibimbap, tapi jika Myeolchi Bap agak asing ya. Nah, hampir mirip dengan Bibimbap dimana daging, telur dan sayuran di mix jadi satu, namun untuk Myeolchi Bap tidak menggunakan daging jadi hanya sayuran dan telur saja. Versi vegetarian dari Bibimbap. Harga berkisar 5000 – 10000 won. Menyantap Myeolchi Bap biasanya disajikan bersama dengan kuah nya yang gurih.

Makanan ini banyak di jumpai di restoran-restoran khas Korea di Seoul.

 

11. Haejangguk

 

Yang satu ini agak menarik, karena nama Inggris nya adalah Korean Hangover Soup. Pada zaman dahulu, haejangguk dimakan untuk menyadarkan diri dari rasa mabuk akibat minum ‘Sul’, sehingga dinamakan juga Sulguk (“sup minuman keras”). Lama-kelamaan, haejangguk dikenal sebagai hidangan populer di malam hari. Harga berkisar 5000 – 10000 won.Rasa sup nya memang bikin tenggorokan hangat, berisikan ramyun, sayur-sayuran dan seafood, lalu di bagian atas terdapat kuning telur.

Tips, biasanya di pesan juga ketika kita makan Pajeon + Makgeolli agar cepat pulih dari mabuk.

 

12. Dak Galbi

Dak Galbi adalah ayam bumbu pedas ala Korea. Dimana daging ayam di potong cukup banyak dan di campur dengan sayur-sayuran lalu dimasak dengan bumbu pedas gochujang. Kalau Bahasa Inggris nya disebut Marinated Chicken Bulgogi. Harga berkisar 10000 – 20000 won.

Tips, salah satu Dak Galbi yang terkenal berada di Yoogane Dak Galbi karena banyak di ulas beberapa Food Blogger. Ada banyak di Seoul, cobalah salah satunya di Myeongdong.

 

13. Samgye-Tang

Kayaknya gak pas kalau tidak menutup kunjungan di Seoul tanpa makan Samgye-Tang, apalagi makanan ini terkenal banget di Korean Drama. Samgye-Tang adalah sup ayam ginseng masakan Korea. Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk dan di dalam nya sudah dilengkapi dengan Nasi. Harga berkisar 10000 – 20000 won.

Makan Samgye-Tang ini cocok pas malam sedang cuaca dingin, karena rasa ginseng nya bikin hangat badan.

Tips, untuk salah satu restoran populer nya berada di daerah Dongdaemun, memang ada banyak restoran Samgye-Tang di Seoul.

 

Demikianlah beberapa rekomendasi kuliner di Seoul, memang masih banyak kuliner yang masih belum di ulas pada artikel ini, salah satunya seperti Jjajangmyeon,dll. Namun 13 rekomendasi makanan ini dijamin sudah cukup memuaskan rasa penasaran Anda akan makanan-makanan khas Korea Selatan. Selamat mencobanya jika kalian main-main ke kota Seoul ya.

(sumber: solotoduo.com)

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand