Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Merayakan Seollal, Hari Raya Imlek ala Orang Korea

Hari raya imlek merupakan hari tahun baru yang biasanya dirayakan oleh masyarakat keturunan tionghoa. Tak hanya masyarakat dari negeri tirai bambu, masyarakat dengan darah tionghoa di seluruh Asia rata-rata ikut dalam sukacita perayaan imlek.

Medictel Indonesia agen operasi plastik

Tahun baru Korea lebih dikenal dengan nama Seollal yaitu salah satu hari libur kalender tradisional Korea yang sama pentingnya dengan hari Chueseok (hari bulan purnama).

Dikutip dari Beyondhallyu, meskipun asal-usulnya tidak jelas, banyak yang mengatakan ritual ini dikenal sejak abad keenam selama periode tiga kerajaan Korea kuno ketika kalender lunar pertama kali diadopsi.

Sebelum dan sesudah Seollal, pemerintah Korea menetapkan sebagai hari libur bersama. Makna tahun baru Korea sama dengan China yaitu berkumpul bersama keluarga dan melakukan ritual leluhur. Di pagi hari pertama Seollal, masyarakat Korea bersiap dan berdandan menggunakan Seolbim atau baju baru yang memang disiapkan untuk tahun baru.

medictel indonesia agen operasi plastik

Beberapa orang pun akan menggunakan hanbok yaitu pakaian tradisional Korea. Setelah keluarga berkumpul lalu mulailah melakukan ritual leluhur. Penghormatan kepada nenek moyang dan memberikan beberapa sajian menjadi ritual awal.

Menurut kepercayaan Korea, roh para leluhur akan kembali untuk menikmati makanan yang telah disiapkan di tempat sembahyang. Sembari sembahyang, masyarakat Korea tidak lupa mengutarakan doa dan harapan supaya menjadi pribadi yang lebih baik, dilimpahkan rezeki dan keberuntungan.

Perayaan Seollal di Korea juga memiliki makanan khas. Sama seperti imlek yang selalu identik dengan kue keranjang atau pindang bandeng, pada perayaan Seollal juga menyiapkan makanan khas. Tteokguk atau sup kue beras sebagai makanan khas, sup tradisional ini terbuat dari kaldu sapi potongan tipis dan irisan kue beras yang kenyal.

medictel indonesia agen operasi plastik

Tidak sedikit juga masyarakat Korea yang mengombinasikannya dengan telur, daging sapi, rumput laut dan bawang hijau. Menurut tradisi, makan tteokguk pada Seollal akan menambahkan satu tahun untuk usia si pemakannya.

Pada hari sebelum Seollal, anggota keluarga berkumpul bersama untuk menyiapkan makanan liburan. Alas makanan atau piring yang akan digunakan untuk sajian juga perlu dipilih dengan baik, hal ini untuk memberikan kesan baik.

Selain tteokguk juga ada lebih dari 20 hidangan lainnya seperti sayuran, pancake khas Korea atau yang disebut Jeon, ada juga berbagai jenis ikan, rib sup, Japchae (berbentuk seperti bihun dengan daging dan sayuran) dan masih banyak lagi.

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand