Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan

Banyak hal yang bikin Korea Selatan jadi tujuan wisata orang Indonesia, selain karena serial drama korea, kuliner, tempat wisata dan wisata belanjanya juga menjadikan keinginan tersendiri untuk berwisata ke negri ginseng tersebut.

Korea Selatan akhir-akhir ini menjadi sorotan traveler Indonesia untuk jadi tujuan wisata. Banyak sekali anak muda Indonesia berbondong-bondong ke Korea Selatan demi bisa melihat langsung tempat wisata romantis yang sering nongol di drama Korea favorit mereka. Mulai dari ke mall  untuk membeli beragam produk yang sering muncul di iklan hingga mencoba beragam kuliner yang sering menghiasi reality show di stasiun TV lokal Korea.

Nggak bisa dipungkiri, Korea Selatan memang menarik untuk dikunjungi. Tapi yang perlu Kamu tahu ialah, berbeda negara beda juga budaya dan kebiasaan masyarakatnya.

Pengetahuan akan tradisi, hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh untuk dilakukan menjadi bekal utama yang harus disiapkan dalam memori dan wawasan kita. Berikut adalah bekal pengetahuan yang dapat membantumu sebelum menginjakkan kaki di Korea Selatan.

 

1. Mengawali pembicaraan dengan kata “Annyeong Haseyo”

Kalau Kamu sedang tersesat atau bingung dan ingin menanyakan sesuatu kepada warga lokal disana, coba deh awali pertanyaan atau pembicaraanmu dengan kata “Annyeong Haseyo”. Biasanya, orang Korea lebih ‘welcome’ dengan turis yang mengawali pembicaraan dengan kata ini ketimbang kata “Excuse me“.

Dan setelah bertanya, akhiri juga dengan kata terimakasih ala Korea (“Kamsahamnida” atau “Gomawo”).

 

2. Jangan salah antre bus di sembarang halte

Naik bus di Korea cukup rumit, tapi Kamu bisa irit kalau naik bus. Melansir dari “moslor.com”, di Korea Selatan semua bus akan berhenti di halte yang memajang nomor bus tersebut. Jadi, lebih teliti dan waspada ya.

 

3. Jangan berbicara keras saat di transportasi umum

Meskipun di dalam film atau drama Korea orang-orang suka bicara keras di bus, namun hal ini sebenarnya sedikit nggak sopan lho! Kalau nggak ingin dipelototin orang di dalam bus mending diam aja sampai di tujuan. Dan usahakan agar mendengarkan musik / video menggunakan headset / earphone Kamu.

 

4. Jangan sembarang memotret orang lokal

Meskipun wajah dan tampilan fisik orang Korea Selatan mirip artis, namun Kamu nggak boleh memotret sembarangan dengan kamera karena orang Korea sebenarnya nggak suka dipotret. Kecuali kalau Kamu minta izin terlebih dahulu kepada mereka. Jadi jika ingin mengajak foto, jangan lupa untuk minta izin dulu ya.

 

5. Terimalah barang menggunakan dua tangan

Ketika Kamu membayar makanan lalu si penjual memberikan kembaliannya, terimalah dengan dua tangan. Begitu pula ketika Kamu membayar kuliner yang Kamu makan. Ini adalah kebiasaan yang tak bisa dipisahkan dengan adat Korea Selatan. Menerima dengan dua tangan merupakan adat kesopanan mendasar di Korea, sama seperti kita harus menerima segala sesuatu dengan tangan kanan di Indonesia.

 

6. Jangan berangkat terlalu pagi saat traveling di Korea Selatan

Meskipun berbagai fasilitas umum di Korea Selatan selalu buka 24 jam, namun banyak juga tempat wisata yang buka sekitar jam 10 pagi. Jadi nggak usah bangun terlalu pagi jika tak ingin kecewa dan merasakan hawa dingin yang menusuk tulang.

 

7. Pesanan makanan harus habis jika tak ingin ditegur oleh penjual makanan

Bagi Kamu pencinta wisata kuliner, ada hal penting nih yang wajib Kamu ketahui soal kebiasaan makan orang Korea. Di Korea, Kamu wajib memakan habis masakan yang dihidangkan oleh penjual. Kamu nggak boleh pilih-pilih! Kalau Kamu menyisakan makananmu, penjual kuliner sebenarnya akan merasa tersakiti. Jadi selalu habiskan makananmu agar selalu meninggalkan kesan yang baik ya.

 

8. Harus memanggil taksi menggunakan seluruh telapak tangan

Kalau di Korea Kamu nggak boleh memanggil taksi menggunakan satu jari karena ini dianggap nggak sopan. Kamu harus menggunakan seluruh telapak tangan (seperti sedang memanggil orang di Indonesia). Ingat-ingat ya!

 

9. Jangan memberi uang para pengemis

Di Korea Selatan ada larangan untuk memberi uang kepada para pengemis. Biar nggak kena teguran, mending nggak usah kasih pengemis uang ya saat di Korea Selatan. Setidaknya biar aman.

 

10. Jangan coba-coba menyelinap dalam antrean!

Di Indonesia, mengantre masih menjadi kegiatan yang nggak begitu diperhatikan, namun kalau di Korea Selatan selalu memprioritaskan antrean karena orang Korea selalu disiplin. Jika tak ingin dipelototi dan dimaki oleh orang Korea Selatan mending jangan coba-coba untuk menyelinap dalam antrean.

 

11. Jangan sembarang menyeberang jalan raya meskipun jalanan terlihat lengang

Di Korea Selatan terdapat aturan khusus melewati zebra cross. Jadi, setiap orang yang akan melewati zebra cross wajib mematuhi aturan ini. Kalau lampunya hijau Kamu bisa nyebrang, kalau lampunya merah Kamu nggak boleh nyebrang.

Jangan sesekali menyebrang saat lampu zebra cross sedang merah meskipun jalanan sedang lengang, karena itu melanggar aturan. Oke?!

 

12. Jangan buang sampah sembarangan kalau nggak pengen di denda

Kamu berani buang sampah sembarangan di Korea Selatan? Mending jangan deh! Soalnya di sini Kamu bakal didenda 1 juta won jika nekat melakukanya. Angka yang fantastis!

Apapun yang Kamu lakukan akan terekam CCTV karena banyak sekali CCTV yang tersebar di Korea Selatan. Ingat ya! Jangan sampai seluruh isi tabunganmu terkuras hanya karena hal sepele ini.

 

13. Jangan menunggu dan memberhentikan taksi di halte bus

Jangan lupa yang satu ini ya gaes! Soalnya hal ini dilarang. Selalu patuhi peraturan yang ada ya. Jika ragu, lebih baik kalian bertanya terlebih dahulu.

 

14. Kamu bisa bersendawa dengan bebas ketika makan di rumah makan

Asal Kamu tahu, semakin keras bunyi sendawamu maka kamu dianggap semakin menghargai juru masak. Beda banget ya sama Indonesia dan negara Barat, hehehe.

15. Jangan merokok sembarangan ya gaes!

Di Korea Selatan juga ada aturan merokok lho. Kalau Kamu hobi merokok, usahakan untuk merokok di tempat merokok yang sudah disediakan karena nanti bisa kena denda 5 juta won. Waduhh!

 

16. Kalau ingin sewa mobil di Korea Selatan, jangan menyetir saat mabuk ya!

Mabuk adalah hal yang wajar di Korea Selatan. Tapi, jangan sampai Kamu tertangkap kamera menyetir saat mabuk. Hal ini bisa bikin Kamu kena masalah dengan polisi karena orang mabuk dengan kadar alkohol sebesar 0,05% yang menyetir bisa kena denda sebesar 500 ribu Won. Jika kadar alkohol melebihi 0,05%, Kamu bisa dipenjara 2 tahun. Wajib hati-hati ya gaes!

 

Jangan cuma bayangin yang seneng-seneng aja saat di Korea Selatan ya gaes! Di Korea Selatan Kamu juga wajib mematuhi aturan dan adat istiadat seperti penduduk lainnya agar aman dan dihormati oleh orang disekitarmu.

Selamat berlibur ke Korea Selatan bagi kalian yang hendak melakukan wisata berliburnya. Ingat pesan-pesan diatas ya! 🙂

 

(sumber: phinemo.com; ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi)

 

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand