Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Operasi Koreksi Puting Payudara di Korea Selatan

Memiliki bentuk payudara yang indah merupakan dambaan setiap wanita. Payudara yang bervolume dengan posisi terangkat dan dengan tekstur halus tentu merupakan gambaran sempurna dari payudara yang diidamkan. Tetapi disamping itu payudara wanita tentu memiliki manfaat utama, bukan hanya semata-mata untuk keindahan. Salah satu manfaat tersebut adalah sebagai pemberi ASI pada bayi. Bagian payudara yang berfungsi mengalirkan ASI pada bayi adalah puting. Puting merupakan bagian ujung pada payudara yang menonjol keluar. Namun bagaimana jika ada puting yang tidak menonjol atau dengan kata lain berada di dalam?

medictel indonesia agen operasi plastik

Kondisi tersebut dinamakan inverted nipple. Inverted nipple mengakibatkan ujung payudara terlihat datar. Kondisi ini memang dapat terjadi pada beberapa orang, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah hormon; biasanya dijumpai pada ibu hamil. namun sekitar 10 – 20% perempuan mengalami kondisi ini karena ‘bawaan’ dari lahir. Kasus inverted nipple disebabkan oleh masalah yang ada di sambungan jaringan di bawah puting ligamen dan kulit.

medictel indonesia agen operasi plastik

Lantas apa yang menyebabkan terjadinya inverted nipple? Inverted nipple dapat dipengaruhi oleh genetis/ keturunan, kelainan sejak lahir, menyusui, payudara turun, kanker payudara, infeksi, kehamilan, ginekomasti, penurunan berat badan drastis, ataupun penyakit medis lainnya seperti tuberkulosis. Sedangkan kelainan inverted nipple dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Grade 1 : Puting masuk ke dalam dan mudah ditarik keluar
  • Grade 2 : Puting masuk ke dalam dan bisa ditarik keluar  tetapi segera masuk ke dalam kembali
  • Grade 3 : Puting masuk ke dalam dan sulit untuk ditarik keluar

Pada pasien yang tergolong pada grade 1, teknik perawatannya bisa dikoreksi dengan pijatan atau tidak harus dikoreksi dengan operasi. Namun bila kondisi terus berlanjut setelah menjalani perawatan pijatan selama berbulan-bulan, Anda harus mempertimbangkan tindakan operasi.

medictel indonesia agen operasi plastik

Pada golongan grade 2, inverted nipple dapat diatasi dengan koreksi sangatlah sulit, sehingga sebaiknya mempertimbangkan melakukan operasi.

Di golongan grade 3, kondisi inverted nipple yang selalu terpendam di dalam tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain menjalani operasi.

Lantas, siapa saja yang tepat melakukan operasi inverted nipple?

  • Bagi Anda yang memiliki rencana pernikahan
  • Bagi Anda yang ingin mengatasi permasalahan pasca menikah seperti kehamilan, melahirkan dan menyusui
  • Bagi yang mengalami inverted nipple sejak lahir
  • Anda yang mengalami radang dan infeksi yang timbul karena inverted nipple
  • Bagi Anda yang mengalami masalah estetika sehingga berdampak pada beban psikologis.

Ukuran puting yang kecil dan sensitif sehingga diperlukan prosedur yang teliti dan terkontrol. Inverted nipple bukan hanya memberikan masalah secara estetik tetapi juga memberikan kesulitan untuk menyusui dan bisa mengakibatkan terjadinya kanker payudara. Perlu adanya tindakan medis seperti operasi untuk mengatasinya. Di salah satu rumah sakit bedah plastik di Korea Selatan telah memiliki teknologi untuk mengatasi hal ini.

Waktu yang tepat untuk operasi ini adalah setelah penderita berusia 18 tahun, ketika pertumbuhan payudara terhenti, namun bila sekresi terus keluar sehingga mengakibatkan peradangan, operasi harus dilakukan secepatnya.

Operasi koreksi inverted nipple dilakukan oleh tim medis selama kurang lebih 30 menit sampai dengan 1 jam, tergantung tingkat kesulitan. Pasien dapat melepas jahitan operasi setelah 2-3 minggu pasca operasi.

Terdapat 2 teknik dalam tindakan koreksi inverted nipple, yaitu

1. Memungkinkan untuk Menyusui – Mempertahankan Jalur ASI

Teknik ini menjadi pilihan bagi wanita pada umumnya, namun teknik ini diperuntukkan pada kasus inverted nipple yang tidak begitu parah.

medictel indonesia agen operasi plastik

Pertama-tama, pembiusan menggunakan pembiusan lokal di daerah sekitar  puting, dan kemudian pembedahan dilakukan di kedua sisi puting. Kedua, setelah membuang jaringan yang menarik puting ke bawah, jalur ASI tetap akan dipetahankan sehingga memungkinkan bagi Anda untuk tetap menyusui. Dan langkah terakhir, kembali dilakukan penjahitan sambil menjaga bentuk puting.

2. Tidak memungkinkan untuk Menyusui – Tidak Mempertahankan Jalur ASI

Metode ini dilakukan bagi mereka yang pernah melakukan tindakan koreksi inverted nipple sebelumnya namun puting kembali seperti semula atau bagi mereka yang memiliki tingkat keparahan yang tinggi. Dalam operasi tipe ini, kemungkinan besar akan terjadi luka pada jalur ASI sehingga bisa mempengaruhi kemampuan menyusui.

medictel indonesia agen operasi plastik

Pertama-tama, lakukan anestesi dengan cara lokal di sekitar puting kemudian pembedahan dilakukan di dua sisi puting. Kemudian buang jaringan yang menarik puting ke arah bawah. Untuk memastikan puting tidak akan terkubur kembali, puting akan dikencangkan dengan memanfaatkan jaringan disekitarnya. Lalu bentuk puting dipertahankan dan penjahitan dilakukan.

 

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand