Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Definisi Tummy tuck dan manfaatnya untuk penampilan

Medictel Indonesia agen operasi plastik

Apa itu tummy tuck ?

Tummy tuck atau abdominoplasti adalah prosedur operasi plastik untuk memperbaiki bentuk perut dengan menghilangkan kulit dan lemak berlebih serta mengencangkan otot perut, sehingga dinding perut terlihat lebih ramping.

Bagi wanita yang berkarier di dunia hiburan, menjaga penampilan adalah hal yang wajib. Salah satu hal yang membuat seseorang kurang percaya diri adalah memiliki perut yang buncit, baik pria maupun wanita perut buncit ini bisa mengganggu penampilan.

Karena alasan tersebut maka banyak orang mengupayakan berbagai cara untuk meratakan perut agar timbunan lemak hilang.

Cara yang paling sering dilakukan orang untuk mengecilkan perut adalah mengkonsumsi obat atau jamu pelangsing perut, olah raga teratur dan mengatur pola makan.

Namun, tentu cara tersebut tidak memberi efek instan dan memerlukan dedikasi yang tinggi ditambah waktu yang mungkin tidak Anda miliki.

Cara yang lebih mudah adalah dengan mengoperasi bagian perut, kemudian membuang lemak yang berlebih. Lantas apa bedanya dengan sedot lemak atau liposuction ?

Sedot lemak mampu membuang lemak di perut secara instan, namun otot serta kulit perutnya tidak bisa di kencangkan.

Sementara Tummy tuck mampu menarik otot dan kulit perut yang bergelambir, kemudian kelebihan dari kulit perut tersebut akan di hilangkan. Jadi tidak ada lagi kulit perut yang nampak menggantung atau bergelambir.

Cara mengecilkan perut dengan operasi atau bedah perut ini lebih banyak dilakukan oleh wanita, tapi tidak sedikit juga pria yang memilih cara operasi untuk menghilangkan lemak di perut pada beberapa klinik kecantikan.

Akan tetapi, tidak semua orang boleh melakukan cara ini, karena menurut beberapa pengalaman, Tummy tuck termasuk operasi besar yang cukup beresiko.

Siapa yang TIDAK boleh operasi mengecilkan perut?

  • Orang yang belum mencoba cara lain untuk menghilangkan lemak di perut.

Anda yang memang mengalami kelebihan lemak di perut, namun mengalami kesulitan dalam menghilangkan lemak tersebut, maka di perbolehkan untuk operasi perut. Hal ini berarti Anda sudah melakukan berbagai cara mulai dari memperbaiki pola makan, berolah raga teratur dan mengkonsumsi berbagai macam obat serta jamu tradisional.

Dengan Kata lain, Tummy tuck adalah cara terakhir yang di lakukan untuk mengecilkan perut. Agar lebih aman lagi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum bertindak. Biasanya dokter akan menyarankan cara ringan terlebih dahulu, seperti olah raga diet dan mengkomsumsi obat. Namun cara tersebut tidak membuahkan hasil dan sudah dilakukan dalam kurun waktu yang lama maka dokter menyarankan unutk operasi mengecilkan perut.

  • Orang yang menderita penyakit jantung, stroke, diabetes dan penyakit berat lainnya.

Bagi Anda yang mau melakukan operasi mengecilkan perut haruslah dalam kondisi sehat dan tidak mempunyai riwayat penyakit jantung, stroke, diabetes dan penyakit berat lainnya karena faktor resiko penyakit yang di deritanya.

Jadi sebelum melakukan operasi pengecilan perut, periksalah kesehatan Anda, pastikan bahwa kondisi tubuh benar benar sehat, fit dan bebas dari penyakit, khususnya penyakit berat.

Apabila memang ada penyakit berat lakukanlah cara lain yang lebih aman, seperti olah raga dan mengatur pola makan dan biasakan hidup sehat.

Baca juga : waspada penyakit jantung ini peneyebabnya

  • ¬†Wanita yang sedang hamil.

Ya, bagi Anda yang belum mempunyai anak atau masih ingin mempunyai anak lagi, sebaiknya jangan melakukan cara operasi mengecilkan perut. Mengapa demikian? Operasi tersebut akan menarik sekaligus membuang kulit dan otot perut yang berlebih agar kencang. Nah, apabila Anda hamil, perut akan membesar dan kendur kembali, maka operasi yang pernah di lakukan akan sia sia saja.

Pada umumnya operasi Tummy tuck yang di lakukan oleh ibu-ibu pasca melahirkan namun sudah tidak berencana memiliki anak lagi.

 

operasi tummy tuck

Operasi Tummy Tuck

Tummy tuck dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang pernah mengalami obesitas, namun masih memiliki lemak berlebih serta memiliki area kulit yang kendur di perut dan sekitarnya. selain itu, operasi ini juga bisa menjadi alternatif bagi wanita denga kulit dan otot perut yang kendur setelah beberapa kali mengalami kehamilan.

Tummy tuck bukanlah cara alternatif/pengganti penurunan berat badan. Walaupun hasil tummy tuck permanen, jika tidak diimbangi dengan menjaga berat badan, berat badan Anda akan naik kembali.

Sebelum melakukan Tummy tuck, pastikan melakukan konsultasi dahulu kepada dokter, dengan menceritakan riwayat penyakit serta semua obat atau suplemen yang selama ini pernah di konsumsi. Sedangkan bagi pasien perokok agar bisa menghentikan kebisaan rokoknya selama dua minggu sebelum melakukan tindakan Tummy tuck karena dapat meningkatkan resiko komplikasi dan memperlambat proses penyembuhan.

Pasien juga di anjurkan untuk menjaga pola makan yang seimbang serta menghindari diet ketat yang berlebihan.

Baca juga : Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lewat makanan.

Prosedur tummy tuck

Tummy tuck adalah tindakan operasi yang bertujuan untuk membuang kulit dan lemak berlebihan di perut, mengurangi kulit yang berlipat di perut, membuang stretch mark, mereposisi pusar dan menencangkan otot perut sehinggga membuat perut menjadi kencang dan rata.

Terdapat dua jenis Tummy tuck antara lain

  1. Mini tummy tuck – operasi yang mengurangi kelebihan lemak dan kulit pada bagian bawah perut tanpa memperbaiki struktur otot perut dan tanpa mereposisi pusar.
  2. Full Tummy tuck – operasi yang dilakukan mengurangi lemak dan kulit berlebih pada perut, juga dilakukan pengencangan pada bagian otot.

Kandidat yang tepat untuk Tummy Tuck

  • Mereka yang mengalami kegemukan dan kekenduran kulit 9 usia diatas 40 tahun
  • Wanita yang pernah mengalami hamil dan beberapa kali melahirkan
  • Ingin memiliki bentuk perut yang rata dan indah
  • Wanita hamil dan mempunyai rencana kehamilan

Durasi operasi pengecilan perut :

  • Mini Tummy tuck : 2-3 jam
  • Full Tummy tuck : 4 jam

Jenis pembiusan : Pembiusan umum

Persiapan pra operasi Tummy tuck

  • Pemeriksaan kondisi fisik secara umum dari hasil lab.
  • Periksa riwayat sakit atau alergi pada pasien.
  • Check-up kesehatan secara menyeluruh.
  • Stop penggunaan aspirin, obat anti-inflammatory, dan suplemen herbal karena beresiko pendarahan
  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan [bagi pasien yang overweight]

Proses Operasi :

operasi mengecilkan perut

  • Desain bagian perut yang akan dibuang atau disedot
  • Pada mini Tummy tuck, sayatan dibuat pada bagian bawah perut dan lapisan kulit dipisahkan dari dinding lemak yang berlebih akan dibuang.
  • Pada Full Tummy tuck, sayatan dilakukan pada bagian bawah perut, atau tepatnya di batas atas rambut kemaluan dan mengikuti kontur tulang pinggul. Jaringan kulit dan lemak yang ingin dibuang disesuaikan dengan kebutuhan sampai melewati pusar.
  • Otot abdomen yang kendur terlihat diperbaiki dan dijahit kembali di bagian tengah. Lemak dan kulit yang berlebihan pada perut akan dibuang.
  • Menutup sayatan dan luka dengan jahitan.

Resiko Pasca operasi

  • Rasa nyeri sementara
  • Pembekakkan, kulit perut tebal dan kebiruan
  • Tubuh terasa lelah dan napas tidak lega
  • kemungkinan menyisakan keloid
  • Pendarahan di bagian flap kulit
  • Ganguan pembuluh darah
  • Luka operasi yang sulit sembuh.

Perawatan Pasca Operasi

  • Penggunaan compression garment [sejenis korset pasca operasi khusus] selama 4 sampai 6 minggu untuk mengurangi bengkak dan rasa nyeri.
  • Pasien bisa kembali bekerja setelah 2 sampai 3 minggu
  • Hindari aktivitas fisik yang cukup berat [4 sampai 6+ minggu]
  • Bekas luka akan pudar dan merata setelah 3 bulan sampai 1 tahun

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

3 comments so far

What is Tummy Tuck and What is it for? | Medictel KoreaPosted on 7:44 am - Aug 7, 2019

[…] What is tummy tuck? […]

Novita handayaniPosted on 11:26 am - Aug 7, 2019

Saya ingin tahu mengenai harga operasi tumy tack

    medictelPosted on 2:22 am - Aug 8, 2019

    Ibu Novita
    Untuk Harga lebih jelasnya ibu bisa hubungi kami dan memberikan foto2 yang akan di operasi.
    Agar kami bisa kirimkan data ibu ke rumah sakit rumah sakit di Korea.
    Terima kasih

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand