Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Langsing dengan Liposuction

liposuction

Apa itu sedot lemak ?

Operasi sedot lemak atau Liposuction adalah prosedur operasi yang dilakukan untuk mengeluarkan lemak di dalam tubuh pasien, baik lemak jahat maupun lemak baik, dengan campuran beberapa cairan atau zat kimia khusus. Umumnya, tindakan operasi ini dilakukan bagi orang yang ingin menghilangkan lemak dalam tubuhnya dengan cara instan.

Operasi sedot lemak ini merupakan salah satu operasi yang cukup serius, namun operasi yang juga sering disebut cara instan untuk diet, ini bisa dibilang cukup aman walaupun bukan berarti tanpa resiko.

Karena sedot lemak adalah bentuk operasi yang cukup serius, namun operasi yang juga sering disebut secara instan untuk diet ini bisa di bilang cukup aman walaupun bukan berati tanpa resiko.

Karena sedot lemak adalah bentuk operasi bedah yang dilakukan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan, operasi ini biasanya dilakukan pada daerah yang masih berlemak ketika telah melakukan diet dan olahraga namun tidak ampuh juga membakar lemak tersebut. Kebanyakan dari bagian tubuh yang sering di sedot lemak adalah paha, pinggul serta perut. Pada wanita, daerah yang sering jadi target sedot lemak biasanya adalah di area paha, perut dan pinggul.

liposuction pria

Siapa yang boleh melakukan sedot lemak?

Tidak semua orang boleh melakukan liposuction kapan saja, sebab ada beberapa kriteria orang atau pasien yang dapat menjalani operasi liposuction ini:

  1. orang yang memiliki tingkat elastisitas kulit dan otot yang baik
  2. Orang yang tidak memiliki kulit berlebihan
  3. Orang yang memiliki timbunan lemak yang sulit hilang dengan hanya olahraga dan diet
  4. Secara fisik dan mental orang ini dinyatakan sehat
  5. orang tersebut tidak merokok
  6. Orang tersebut tidak memiliki berat badan yang berlebih.

Sedot lemak atau liposuction adalah prosedure medis untuk menghilangkan lemak, tetapi ini bukan bentuk pengobatan atau cara menurunkan berat badan bagi orang yang mengidap obesitas. jika anda ingin sedot lemak, baiknya Anda harus berada pada ukuran 30% lebih berat dari berat badan ideal tubuh Anda.

Operasi ini bertujuan menghilangkan timbunan lemak yang tidak bisa hilang dengan diet dan olahraga. Jenis lemak membandel tersebut mungkin disebabkan oleh kotoran yang terbawa dari gaya hidup (terutama makanan). Ketika anda memutuskan untuk menghilangkan lemak dengan cara disedot, Anda harus dalam kondisi sehat.

Terkadang tindakan liposuction ini bisa menjadi pro dan kontra, mengingat adanya efek samping serta kondisi lemak yang sebenarnya bisa bermanfaat juga untuk tubuh, jika itu adalah lemak baik. Selain itu, operasi sedot lemak sebenarnya tidak diperuntukan bagi orang yang mengalami obesitas (kegemukan), tetapi unutk beberapa orang yang memliki riwayat penyakit seperti diabetes, jantung hingga penyakit saraf.

liposuction

Siapa yang tidak boleh melakukan sedot lemak?

  • Pasien yang merupakan perokok Aktif
  • Pasien yang memiliki masalah dengan system imunitasnya
  • Pasien yang bermasalah denga riwayat penyakit kronis
  • Pasien tersebut memiliki riwayat penyakit diabetes hingga penyakit jantung yang parah
  • Pasien ini sedang mengkonsumsi obat yang beresiko menyebabkan pendarahan

 

Persiapan operasi sedot lemak

Menurut salah satu dokter specialist bedah plastik, liposuction tidak bisa sembarangan dilakukan, seperti halnya prosedur operasi bedah mulut dan operasi batu empedu dengan laser, liposuction juga mengharuskan pasiennya memiliki konsi kesehatan yang maksimal. Persiapan sebelum operasi sedot lemak selengkapnya seperti berikut ini:

  • konsultasikan dengan dokter dan sampaikan jika pasien memiliki riwayat penyakit yang cukup serius seperti diabetes, jantung hingga yang berkaitan dengan syaraf.
  • Berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  • konsultasikan juga dengan dokter jika pasien sedang dalam konsumsi obat oabtan khusus yang bisa menjadi pantangan ketika akan dilakukan liposuction.
  • Pasien akan menjalani serangkaian test kesehatan, yang menjadi penentu apakah liposuction perlu/dapat dilakukan atau tidak.
  • Pasien diwajibkan berpuasa setidaknya 6 jam sebelum melaksanakan operasi sedot lemak.

 

Tipe operasi sedot lemak

Sebelum menjalani prosedur liposuction, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis jenis tindakan sedot lemak yang umumnya banyak dipilih oleh pasien, seperti berikut ini:

  • Sedot lemak laser

Prosedur sedot lemak dengan bantuan alat laser, tekini terbaru untuk sedot lemak saat ini umumnya menggunakan teknik laser dan sinar ultrasonik. Laser ini berfungsi untuk mencairkan lemak dan membuat lebih mudah untuk diserap atau dihilangkan. Teknik ini juga dapat mengurangi memar dan bengkak dan mempercepat pemulihan pasca operasi penghilang lemak.

  • Sedot lemak ultrasound

Dalam prosedur bedah ini ahli bedah medis akan memanfaatkan gelombang suara agar lemak mencair dan mudah dikeluarkan. Teknik operasi seodt lemak ini biasanya efektif untuk menghilangkan lemak di bagian pinggul serta perut di bagian atas.

  • Sedot lemak Tumescent

Prosedur operasi berikutnya adalah dengan cara menyuntikan cairan steril dengan kandungan obat bius lokal, air garam serta obat lainnya yang membuat area pembuluh dara menjadi sempit di area yang akan disedot lemaknya. Bagian tersebut akan disayat oleh dokter bedah, sebelum mulai penyedotan lemak.

 

Prosedur sedot lemak

Seperti pasien yang hendak akan menjalani operasi hernia pada anak dan operasi wasir dengan laser, sebelum menjalani liposuction, pasien juga setidaknya harus mengetahui bagaimana prosedur dari operasi ini yaitu :

  1. pasien akan diberikan bius lokal, yaitu pembiusan yang akan menghindarkan pasien dari rasa sakit ketika proses dilakukan, namun pasien akan tetap terjaga selama proses operasi.
  2. Pasien akan ditandai pada beberapa bagian tubuhnya, seperti dada, perut leher, paha hingga lengan dan punggung yang banyak menimbun lemak.
  3. Setelah ditandai, maka dokter akan memulai untuk membuat sayatan pada bagian yang ditandai tersebut.
  4. Setelah itu proses penghancuran lemak dalam bagian tubuh tadi akan dimulai, tergantung dari tipe sedot lemak yang dilakukan.
  5. Setelah proses penyedotan diatas dilakukan, maka bagian bagian tubuh tersebut akan dibungkus dengan menggunakan semacam korset yang wajib digunakan paien hingga jangka waktu maksimal 6 bulan.
  6. Pasca operasi, pasien akan mengalami seperti memar dan bengkak khususnya di area penyedotan lemak seperti dibagian paha, perut atau pinggul, untuk waktu 2 hingga 3 minggu. Tubuh pasien akan terlihat menjadi lebih besar dari ukuran normal.
  7. pasien harus beristirahat untuk sementara waktu, maksimal hingga 3 atau 6 bulanan. Setelah itu pasien bisa melihat hasil operasinya.

Operasi sedot lemak dilakukan dokter kulit dan bedah plastik

Operasi sedot lemak paling sering dilakukan oleh bedah plastik dan dokter kulit. Seseorang dokter bedah plastik berperan pada bedah estetika dan rekonstruksi tubuh yang akan disedot lemaknya. Lalu, seseorang dokter kulit berperan kepada pemulihan pada bentuk dan hasil kulit setelah operasi.

perawatan pasca operasi sedot lemak

setelah menjalani liposuction, pasien pasien yang menjalani operasi ini harus melakukan perawatan khusus pasca liposuction dilakukan. Perawatan ini bertujuan sebagai pemulihan pasien setelah operasi. Perlu Anda ketahui bahwa masa pemulihan selama perawatan ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun setelahnya pasien dapat kembali beraktifitas normal.

Berikut ini beberapa langkah untuk perawatan dalam masa pemulihan pasca operasi sedot lemak:

  1. Konsultasikan dengan dokter dan membahas seputar langkah apa saja yang harus dilakukan pasien pasca operasi.
  2. Pastikan selalu memamfaatkan waktu yang cukup untuk istirahat, jika harus masih tinggal di ruangan rawat inap. Jika ingin pulang ke rumah, maka pastikan kondisi kamar, ranjang serta bantal dan selimutnya dalam keadaan bersih, sehingga tidak menggangu waktu istirahat.
  3. Gunakan pakaian kompresi.
  4. Konsumsi obat antibiotik sebagai anti infeksi, terutama pada area luka.
  5. lakukan perawatan sayatan bekas luka operasi, dengan membersihkan bekas luka agar menghindari infeksi.
  6. Berlatih unutk bergerak ringan dengan berjalan cukup sering, hal ini dapat membantu mencegah pembekuan darah pada area kaki. Gerakan semacam ini juga dapat memaksimalkan proses penyembuhan.
  7. Pertahankan berat badan pasca operasi, kontrolah kondisi berat badan Anda karena ini merupakan hal yang paling penting pasca operasi sedot lemak. Jalankan gaya hidup yang aktif serta jalani pola makan sehat agar berat badan bertambah tapi secara normal dan tidak lagi berlebihan.

Risiko sedot lemak

Sedot lemak masih tetap dilakukan dengan prosedure operasi, yang berisiko untuk menimbulkan dampak jangka pendek maupun jangka panjang pada kesehatan tubuh Anda. Tanyakan kepada dokter Anda untuk menjelaskan semua potensi risiko dan komplikasi yang dapat terjadi.

Risiko terbesar yang bisa terjadi adalah pembekuan darah atau gumpalan lemak yang bergerak melalui aliran darah menuju paru paru atau otak. Risiko yang lebih pada umum biasanya, adanya pendarahan, infeksi, memar, perubahan warna kulit, dan mati rasa pada bagian yang disedot lemaknya.

Biaya sedot lemak

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan sedot lemak, baiknya cari tahu berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan denganĀ  mengisi form ini.

Lemak yang disedot bisa menjadi alat untuk ketahanan tubuh ke depannya.

ternyata sel sel lemak yang dibuang dapat menjadi berharga di masa depan. Itu karena sel sel lemak yang diperoleh dari sedot lemak merupakan sumber yang baik dari sel induk lemak yang diserap (lemak baik), jenis sel induk lemak tersebut berfungsi untuk menghasilakan tulang, tulang rawan, otot dan jarinagn lain pada tubuh. Beberapa penelitian awal menunjukan bahwa sel sel induk dari lemak dapat membantu orang dengan penyakit jantung, diabetes dan penyakit syaraf.

 

 

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

1 comment so far

Slimmer Body with Liposuction | Medictel KoreaPosted on 7:30 am - Aug 13, 2019

[…] Liposuction is an operative cosmetic surgery that removes fat from your body, be it good fat or bad fat. This surgery is commonly done by people who want to lose their excess fat instantly. While this surgery can be put into “big surgery” category, it’s still relatively safe. However, it doesn’t mean the surgery is not without its risks. […]

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand