Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Tipe-tipe Operasi Pengangkatan Payudara

operasi payudara

Operasi pengangkatan payudara atau mastektomi ada 5 kategori berbeda. Mana yang akan direkomendasikan oleh dokter nantinya ditentukan oleh banyak faktor, seperti usia dan kondisi fisik Anda. Namun, faktor penentu utamanya adalah ukuran tumor dan sudah sejauh mana sel kanker menyebar

Dokter juga akan mempertimbangkan alasan pribadi Anda dalam memilih prosedur pengobatan yang tepat. Maka, jangan ragu untuk selalu mendiskusikan pertimbangan dan pilihan Anda bersama dokter.

Secara umum, berikut berbagai tipe mastektomi yang ada:

Simple atau total mastectomy

Dokter bedah akan mengangkat seluruh bagian payudara Anda, termasuk kelenjar getah bening dalam payudara dan puting. Namun, otot dan kelenjar getah bening yang ada di ketiak biasanya tidak ikut diangkat.

Tipe mastektomi ini biasanya dilakukan untuk wanita yang memiliki banyak area karsinoma duktal di situ (DCIS). DCIS adalah kumpulan sel abnormal yang muncul di saluran susu.

Prosedur ini juga dapat dilakukan pada wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara sebagai tindak pencegahan.

Radikal

Operasi inimengangkat seluruh bagian payudara, kelenjar getah bening aksila (ketiak), dan otot dinding dada di bawah payudara.

Prosedur ini dapat mengubah bentuk tubuh sehingga sangat jarang direkomendasikan. Saat ini mastektomi radikal telah digantikan dengan modifikasi radikal sebagai alternatif, karena manfaatnya sama tetapi efek sampingnya lebih sedikit.

Meski begitu, operasi radikal masih mungkin dilakukan untuk tumor besar yang tumbuh ke otot dada.

Modifikasi radikal

Prosedur ini menggabungkan mastektomi total dengan pengangkatan kelenjar getah bening di bawah lengan. Namun, otot dada tidak iktu diangkat dan dibiarkan utuh tanpa disentuh.

Nipple-sparing mastectomy

Prosedur ini disebut juga dengan mastektomi hemat puting. Nipple-sparing mastectomy adalah operasi pengangkatan jaringan payudara yang menyisakan puting dan kulit di sekitarnya (areola). Prosedur ini biasanya diikuti dengan rekonstruksi payudara.

Nipple-sparing mastectomy biasanya menjadi pilihan bagi wanita yang memiliki kanker payudara stadium awal di jaringan terluar. Dokter bedah akan mengangkat jaringan payudara di bawah puting dan areola untuk membuang sel kanker.

Perlu dipahami, sel kanker biasanya cenderung tidak terlihat jika berada dekat dengan puting. Namun jika saat prosedur berlangsung dokter menemukan sel kanker dalam jaringan tersebut, puting juga harus diangkat. Jika tidak, risiko kanker menyebar dapat makin tinggi.

Jika memang tidak ada, sebagian dokter kemudian akan memberikan dosis radias pada jaringan puting. Radiasi akan diberikan selama atau setelah operasi untuk mengurangi risiko kanker mungcul kembali.

Jenis mastektomi ini dapat membuat jaringan puting yang tersisa jadi menyusut atau cacat bentuknya karena tidak mendapat suplai darah yang baik.

Selain itu, banyak dokter yang merasa bahwa operasi kanker payudara ini lebih cocok dilakukan untuk wanita yang berpayudara kecil atau sedang, sebab bagi wanita yang berpayudara besar, puting mereka mungkin tampak bergeser lokasi setelah payudara direkonstruksi.

Mastektomi ganda

Mastektomi ganda adalah operasi pengangkatan kanker pada kedua sisi payudara. Prosedur ini umum dilakukan untuk wanita yang sangat berisiko tinggi terkena kanker payudara, terutama wanita yang mengalami mutasi gen BRCA.

Biasanya kombinasi prosedur yang dilakukan yaitu mastekomi total atau nipple-sparing.

medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand