Rukan Niaga Artha gading

Blok F No 25 Jakarta

Working Hours

08:00 - 17:00

MEDICAL TOURISM KOREA

MEDICTEL AGEN PERJALANAN PARIWISATA MEDIS KESEHATAN DAN KECANTIKAN KOREA, GRATIS KONSULTASI

Pramugari Korea Akui Operasi Plastik Sebagai Jalan Pintas Mencari Kerja

Pramugari Korea Akui Operasi Plastik Sebagai Jalan Pintas Mencari Kerja

CNBC Indonesia – Menurut riset penelitian ‘Perceived Entitlement Causes Discrimination Against Attractive Job Candidates in the Domain of Relatively Less Desirable Jobs’ yang dipublikasi oleh the American Psychological Association pada 2017, orang berparas cantik atau tampan cenderung mudah mendapat pekerjaan yang punya kesan ‘keren’ daripada orang yang berpenampilan kurang menarik yang lebih cenderung mendapatkan pekerjaan bergaji rendah atau tidak terkesan bergengsi.

Fenomena ini sangat dirasakan di Korea Selatan di mana para penyedia lapangan kerja tidak malu-malu untuk lebih memprioritaskan kandidat yang berpenampilan menarik daripada yang tidak, walaupun kadang penampilan mereka tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Salah satu pekerjaan di mana fenomena ini banyak terjadi merupakan pekerjaan impian bagi banyak wanita muda Korea Selatan – pramugari. Pekerjaan ini menjanjikan jalan-jalan, pengalaman baru, serta bayaran dan tunjangan besar. Dengan upah $3.500 per bulan, pramugari dibayar lebih baik daripada kebanyakan pekerjaan di negeri ginseng tersebut.

Akibat kompetisi ketat, banyak calon pramugari beralih ke operasi plastik sebagai cara untuk meningkatkan peluang mereka dalam mendapatkan pekerjaan.

Pramugari Korea Akui Operasi Plastik Sebagai Jalan Pintas Mencari Kerja

Maka dari itu, tidak heran jika persaingan untuk mendapatkan pekerjaan ini sangatlah ketat. Pelamar yang berhasil menjadi pramugari biasanya adalah yang berusia muda (pertengahan 20 tahunan), tinggi sekitar 165cm, berat sekitar 49kg, dan lancar berbahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Cina, dengan skor TOEIC (The Test of English for International Communication) rata-rata 700 poin. Walaupun begitu, lebih dari 20.000 pelamar mencoba bersaing setiap tahunnya, dengan banyak yang bahkan apply lebih dari Sembilan kali.

Dengan persaingan seketat ini, tidak heran jika orang-orang memanfaatkan semua advantage yang mereka bisa. Salah satu cara yang umum adalah dengan berpenampilan lebih menarik melalui operasi plastik.

Sangat umum malah, hingga beberapa klinik bedah plastik di Korea Selatan bahkan membuat paket khusus untuk calon pramugari, seperti meniruskan dan membentuk wajah V-line, meratakan bentuk dahi, memancungkan hidung, operasi kelopak dan melebarkan mata, membuat kulit lebih halus, dan bahkan mengangkat garis mulut agar selalu terlihat seperti sedang tersenyum. Walapun biaya operasi ini tidak murah, yaitu mulai $2.000 hingga $4.000, tetap saja paket ini sangat laris di Korea.

Cho Soo-young, seorang ahli bedah di Korea Selatan, menjelaskan betapa ketatnya kompetisi untuk pekerjaan di Korea Selatan. “Jika mereka memiliki wajah yang kurang menarik, atau terlihat tua, mereka akan kalah dari orang lain dalam kompetisi. Jadi untuk mengalahkan yang lain, mereka perlu mengubah wajah dan tubuh mereka.”

Pramugari Korea Akui Operasi Plastik Sebagai Jalan Pintas Mencari Kerja

Dilangsir dari Chicago Tribune, pada 1993, pramugari United Flights melaporkan bahwa mereka berpuasa dan menggunakan obat pencahar untuk menjaga penampilan dan membantu pekerjaan mereka. Jika anggota kru penerbangan memiliki berat badan lebih dari 4 kilo di atas angka maksimum, mereka akan menerima 10 hari cuti yang tidak dibayar.

Setelah mencuatnya kasus tersebut, peraturan semacam itu langsung dilarang oleh hampir semua negara. Pada 2015, maskapai penerbangan terkemuka Korea seperti Asiana Airlines dan Korean Air ikut menurunkan syarat ketentuan tinggi badan dan persyaratan bahasa untuk calon pramugari mereka.

Namun dalam praktiknya, calon pramugari masih tertekan untuk tampil lebih menarik untuk pekerjaan mereka.

Survey tahun 2016 oleh portal pekerjaan Korea – Saramin – menemukan bahwa lebih dari 60% personel sumber daya manusia merasa penampilan mereka mempengaruhi diterima atau tidaknya mereka di pekerjaan yang mereka lamar.

Pramugari Korea Akui Operasi Plastik Sebagai Jalan Pintas Mencari Kerja

Bagi orang yang tidak mau atau mampu untuk operasi plastik, para pencari kerja mulai mengedit foto resume mereka agar tampak lebih menarik. “Dia tampak seperti saya tetapi itu bukan saya yang sebenarnya. Itu seperti foto yang dibuat-buat,” ungkan Jina Chae (27) kepada Business Insider mengenai foto resumenya yang diedit untuk membuat matanya lebih lebar dan wajah lebih ramping tanpa kerutan.

Dengan standar kecantikan di Korea Selatan yang sangat tinggi, ditambah banyaknya orang yang sangat menganggap penting penampilan, mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan sangatlah sulit.

Pemerintah Korea berusaha untuk melawan masalah ini dengan menghapus persyaratan foto resume, dan melarang perusahaan untuk meminta pelamar memberikan data tinggi serta berat badan, latar belakang keluarga, dan kota asal mereka.



medictel

Agen Pariwisata medis kesehatan dan kecantikan Korea

Leave a Reply

EnglishJapanRussiaThailand